Selamat Datang di PT Pertamina Bina Medika

Telepon : (021) 7219031 / (021) 7219299
   Email : info@pertamedika.co.id

Cara Pola Hidup Sehat Sehari-hari

03 Agustus 2018

Dilansir dari www.sehatyes.com Cara pola hidup sehari-hari tidak sulit untuk dilakukan. Akan tetapi dibutuhkan kedisiplinan untuk menjalankannya sehingga akhirnya menjadi kebiasaan positif yang tanpa disadari sudah melakukan anjuran pola hidup sehat yang semestinya. Banyak penyakit yang datang yang mungkin sebenarnya bersumber dari gaya hidup sehari-hari. Mulai dari cara beraktivitas, cara konsumsi makanan, minum hingga pola istirahat dan bekerja yang tidak seimbang.

Agar cara pola hidup sehat sehari-hari dapat dilaksanakan, harus didasari dengan niat dan kemauan yang kuat untuk menjalankannya. Oleh karena itu kebiasaan sehari-hari merupakan salah satu rangkaian pola hidup sehat, terutama berefek pada jangka panjang.

Berikut ini adalah beberapa tips dan langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk menuju pola hidup sehat.

1. Rutin melakukan aktivitas olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat dianjurkan dalam menjalankan pola hidup sehat. Karena olahraga dapat melatih fisik dan otot agar tidak kaku serta memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Bahkan aktivitas olahraga secara rutin sangat baik untuk membakar lemak jahat yang ada pada tubuh.

Banyak masyarakat kita terutama yang sudah sibuk dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari sudah sangat jarang melakukan aktivitas olahraga secara rutin. Terutama untuk orang pekerja yang banyak duduk di depan komputer jarang melakukan aktivitas fisik.

Namun tahukah Anda bahwa banyak pakar kesehatan yang menganjurkan setiap orang agar melakukan aktivitas fisik minimal 75 menit setiap minggunya, setidaknya dua hari dalam seminggu akan membantu memperlancar peredaran darah dan bisa meminimalisir dari berbagai resiko penyakit.

Aktivitas olahraga tidak harus mahal. Anda dapat memulai aktivitas fisik dengan menggerakan kaki tangan dan tubuh secara ringan. Diantaranya adalah seperti jogging, senam, bahkan bersepeda secara santai sangat baik menunjang pola hidup sehat melalui aktivitas fisik.

2. Ciptakan lingkungan yang sehat

Lingkungan yang sehat dapat meliputi lingkungan yang bebas dari asap kendaraan dan asap rokok. Termasuk lingkungan pekerjaan yang harmonis dapat menciptakan psikologi fikiran yang positif dalam setiap segala kegiatan beraktivitas.

Apabila Anda ingin menjalankan pola hidup sehat secara maksimal, lingkungan yang sehat sangat berpengaruh terhadap pola hidup sehat yang dijalankan. Antara lain adalah seperti bersih dari sampah-sampah, atau lingkungan yang peduli terhadap sistem pengolahan sampah, dan lain-lain. Karena sampah merupakan salah satu faktor yang memicu timbulnya berbaga penyakit seperti demam berdarah, malaria dan sistem pernafasan.

3. Hindari Stress

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa stress bisa melanda hampir kepada setiap orang, terutama pada orang yang selalu sibuk bekerja dengan tekanan-tekanan tertentu. Namun sebisa mungkin stress ini harus dikelola sebaik mungkin. Manfaatkanlah waktu senggang untuk rileks dan menyalurkan hobi yang menyenangkan. Bagi kaum hawa yang menyukai yoga, hal tersebut adalah kegiatan yang dianjurkan untuk melatih dan membuat fikiran lebih segar dan positif untuk menjalankan aktivitas selanjutnya.

4. Istirahat yang cukup

Banyaknya kegiatan seharian terkadang akan membuat anda lupa akan waktu istirahat. Akibatnya pola tidur tidak teratur dan tentunya akan mempengaruhi terhadap kondisi kesehatan. Selain itu kurang tidur juga dapat mengurangi konsentrasi saat beraktivitas.

Secara ideal dianjurkan untuk istirahat selama 8 hingga 9 jam sehari. Dengan istirahat dan tidur yang cukup akan membuat tubuh dan fikiran Anda kembali segar dan bugar. Bagilah waktu bekerja dan istirahat secara disiplin untuk menciptakan pola hidup sehat yang seimbang.

5. Kurangi aktivitas yang tidak ada faedahnya untuk kesehatan

Agar cara pola hidup sehat sehari-hari dapat dicapai, selain menjalankan anjuran-anjuran positif yang dapat menjaga kesehatan Anda, tentu harus dibarengi dengan mengurangi aktivitas-aktivitas yang tidak ada manfaatnya untuk kesehatan dan lingkungan. Contohnya adalah merokok, dan meminum minuman beralkohol. Jika Anda adalah salah satu orang yang pecandu terhadap rokok, Anda dapat melalukan terapi untuk berhenti merokok. Atau pelan-pelan pindah menggunakan rokok elektrik sebagai langkah awal untuk berhenti merokok. Merokok selain dapat membahayakan kesehatan diri sendiri, juga dapat membahayakan orang di sekitar yang menghirup asap rokok.

6. Atur pola makan yang seimbang

Mungkin Banyak diantara kita yang sering mengkonsumsi makanan siap saji karena kepraktisannya dan rasanya yang menang lumayan lezat. Namun perlu diketahui bahwa makanan siap saji seperti itu kurang baik untuk kesehatan, oleh karena itu banyak juga yang menyebutnya sebagai “junk food”.

Mulai saat ini biasakanlah untuk mengkonsumsi makanan buah dan sayur yang sehat serta daging-daging segar yang jelas pengolahannya. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat maka akan terhindar dari resiko penyakit yang diakibatkan dari pola makan yang salah.

7. Minum Air Putih

Minum air putih merupakan hal spele bagi sebagian orang. Akibatnya banyak juga diantara kita terkadang mengabaikan minum air putih, sehingga menjadi kekurangan cairan tubuh. Efek yang terjadi pada jangka panjang apabila tidak meminum air putih dari yang dianjurkan, maka dapat meningkatkan resiko penyakit ginjal seperti gagal ginjal dan batu ginjal. Untuk menjaga kesehatan, sangat dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 8 gelas dalam satu hari.

Cara pola hidup sehat sehari-hari tidak serta merta terjadi tanpa adanya kesadaran dan keinginan untuk hidup sehat. Oleh karena itu dengan menjalankan beberapa langkah sederhana dalam menjalankan pola hidup sehat akan berefek positif dalam jangka panjang.